The ’99’ Full Review!

Aduh! telat….!!! aku baru tahu kalau muslim dunia sekarang bisa berbangga hati karena telah ada inovasi dakwah baru dalam skala internasional di bidang entertainment yang sudah carut marut ini. Gebrakan ini diawali dengan diluncurkannya sebuah komik western Style yang bernama The ’99’. (Bahkan versi Indonesianya udah terbit di tahun 2007!! aduh.. telat banget aku tahunya…)

Untuk pendahuluan yash kutip dari berita yang sudah ada. Tetapi akan yash lengkapi selengkap-lengkapnya sebagai iqob karena yash baru tahu sekarang Bashiroh (berita gembira) ini. Siapa tahu di antara kita juga masih ada yang belum tahu mengenai The ’99’ ini.

The ’99’

Komik-komik barat seperti serial Batman, Superman, dan Spiderman, kini kian berat tantangannya. Bila sebelumnya pasar mereka direbut komik-komik Jepang semacam Pokemon, Sinchan, Kungfu Boy, dan sebagainya, maka tahun ini muncul penantang baru. Dr. Naif Al-Mutawa dan Tim kreatifnya dari Teshkeel Media Group Inc yang berbasis di Kuwait menciptakan superhero baru bernama “The 99.”

Berbeda dengan Batman Cs yang berbudaya barat dan Pokemon Dkk dengan nuansa negeri sakura, maka “The 99” membawa konsep baru dengan berdasarkan budaya dan tradisi Islam.

Kreator The 99 Naif Al-Mutawa menjelaskan, bahwa komiknya tersebut menawarkan konsep superhero yang membawa tradisi dan budaya Islam namun dikemas secara modern dan pop dengan mengajarkan toleransi dan keberagaman.

“Komik ini menggambarkan kekuatan dan beragamnya latar belakang karakter yang merefleksikan nilai-nilai utama dan keberagaman dalam Islam, “ujar di sela-sela peluncuran dan diskusi “The 99” edisi bahasa Indonesia, di Jakarta.

Menurutnya, selama ini anak-anak muslim mengalami kekurangan figur panutan dan superhero Islam yang positif dalam waktu yang lama. Sehingga, berdampak merugikan bagi pengembangan diri anak-anak dalam memahami budaya Islam.

“Hal ini juga berakibat pada timbulnya kesenjangan budaya yang semakin besar antar generasi, “tambah penulis yang sebelumnya terlibat pada penulisan buku serial anak-anak yang saat ini dipakai pada setiap sekolah di dunia Arab.

Dalam kesempatan itu, Naif menjelaskan, bahwa penamaan 99 tersebut mengambil inspirasi dari kekuatan Asmaul Husna atau nama-nama Allah. Tokoh-tokoh pada komik tersebut terdiri dari 9 orang Muslim dari 9 negara berbeda sehingga terdiri dari 9 karakter yang berbeda pula. Tokoh-tokoh itu antara lain Jabbar (Saudi Arabia), Soora (Inggris), Darr (Amerika), Mumita (Portugal), Noora (Emirat Arab), Fatah(Indonesia), Jami (Hongaria), Hadya (Pakistan) dan Widad (Filipina).

Ia menambahkan, komik “The 99” menceritakan tentang pahlawan-pahlawan super yang mendapat kekuatan dari permata nur yang diciptakan di Baghdad, Irak pada tahun 1258 Masehi. Pahlawan-pahlawan super itu bersatu untuk menciptakan dunia yang damai dan sejahtera melawan tokoh antagonis Rughal dan antek-anteknya (novel).

Karakter

Dr. Ramzi

Sebagai mentor dan pemimpin dari The 99, Dr. Ramzi Razem memimpin misi untuk mencari Batu Noor dari Baghdad yang hilang. Dalam komik, ini misi inilah yang menjadi plot utama cerita.

Ketika legenda bermula, ketika Mongol menyerang Baghdad di 1258, mereka menguasai perpustakaan terbesar di kota Darul Hikmah (Dar al-Hikma). Untuk menghapus berbagai catatan sejarah dari peradaban itu, mereka membuang buku-buku perpustakaan itu ke Sungai Tigris sehingga Sungai menjadi Hitam. Namun, penjaga kerajaan, dalam usahanya menjaga kemurnian dari kandungan Ilmu pengetahuan yang berada dalam buku sebelum buku itu dihancurkan menggunkaan cara kimiawi untuk menyerap kandungan dari buku-buku itu. Yaitu dengan menggunakan Batu Noor yang ajaib yang akan menyerap kandungan ilmu pengetahuan itu. Sebanyak 99 Batu Noor digunakan untuk menyelematkan harta umat itu sebelum lenyap bersama genangan tinta.

Ramzi percaya bahwa legenda itu, termasuk ide mengenai Batu Noor itu dapat memberikan kekuatan dahsyat pada seseorang. Dia mencoba mencarinya melalui yayasan nonprofit 99 steps foundation, dan walaupun dia tidak memiliki kekuatan super itu, dia mencoba menolong karakter yang lain agar dapat menggunakannya.

Rughal

Musuh Dr. Ramzi adalah seorang pria berumur 500 tahun, Rughal. Setelah kejatuhan Baghdad, ketika Noor Stones diciptakan, merekadisimpan dengan aman dalam sebuah benteng . Pada 1400-an, Rughal salah satu dari penjaga benteng yang mulai memahami kekuatan batu tersebut. Untuk memanfaatkan energi batu itu untuk dirinya, Rughal meledakkan benteng, dan Noor Stones dilepaskan. Walaupun fisik Rughal hancur, dia berhasil bertahan sebagai satu kekuatan energi. Seperti Ramzi, Rughal mencari batu-permata, tetapi ketimbang menggunakan batu-batu itu untuk pengetahuan dan kesatuan, dia ingin energi itu digunakan untuk menguasai dunia.

Noora

Seorang putri 18 tahun, anak dari salah seorang pelaku bisnis kaya dari United Arab Emirates, Noora menyadari kekuatannya setelah dia diculik. Sebagaimana dia mencoba untuk menggali jalan keluar dari hukuman penjara, dia menemukan satu batu-permata. Batu itu memungkinkannya untuk memanipulasi cahaya dan menciptakan hologram, dan dia menggunakan dia kekuatan barunya kabur. Dia juga bisa melihat “Cahaya Kebenaran” di dalam diri seseorang dan juga sisi gelap mereka. Dengan kemampuan nya untuk melihat sisi buruk alam manusia, dia mengadopsi satu pandangan dari dunia yang lebih nihilistis dan berjuang keras untuk mengatasi tekanan.

Kalau ada yang mau Edisi The ’99’ origins ini ada link downloadnya:

The ’99’ origins

Mau pernak-pernik lainya such as Wallpaper, Emoticons, Avatar dan komiknya? Langsung aja Klik ini

Yap, semoga cukup memberi gambaran tentang The 99.. wassalaamualaikum

5 Responses

  1. wah… bagus….bagus…
    kok khansa jg baru tau ya?!!!
    thx yash atas infonya!!

  2. wah asyik jg tuh…
    coba klo ada yg buat filmnya

  3. alhamdulillah.
    senangnya.
    ada sesuatu yang beda di tengah2 masa sekarang…
    jadi pengen baca lengkap ttg 99 ini…
    makasi review nya.🙂

  4. komik islami kok perempuannya enggak pake jilbab

  5. “menggunakan Batu Noor yang ajaib yang akan menyerap kandungan ilmu pengetahuan……”

    menurut saya tema komik ini bisa menggiring anak2 untuk percaya pada hal-hal mistis dan kramat.

    Percaya kepada BATU NOOR dapat memberikan kebaikan = SYIRIK

    “HATI HATI PROPAGANDA YAHUDI”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: