Zainab Al-Ghazali menjawab : “PROBLEMATIKA MUDA-MUDI” : 6. Tentang Hiasan, Ulang Tahun

Pertanyaan

Apakah boleh seorang gadis yang mengenakan hijab berhias dengan hiasan muka dan lalu lalang di jalan dengan bebas? Apakah boleh perempuan pergi ke pemandian umum (kolam renang)? Apakah boleh mengadakan perayaan ulang tahu kelahiran ? Apakah mengecat kuku dengan warna merah dihalalkan atau diharamkan? Apakah boleh shalat atau berwudhu dengan membiarkannya ?

Jawaban

Ahlan wa sahlan, wahai seorang putrid yang mulia dan berharga. Engkau membela Islam dan mengharapkan keridhaan Allah. Untukmu, saya kirim rasa syukur dan doaku yang sebenarnya.

Wanita yang mengenakan hijab, tidak boleh menghiasi mukanya dengan pulasan apapun lalu keluar dengan terbuka di jalanan. Yang diperbolehkan adalah dia berhias untuk suaminya di rumah. Jika keluar, dia tidak boleh membuka aurat kecuali muka dan telapak tangan tanpa hiasan. Pada dasarnya, aurat perempuan tidak boleh diperlihatkan di depan kaum laki-laki. Sedangkan, aurat perempuan didepan wanita-wanita muslimat adalah antara lutut dan pusar. Jika pergi kepemandian umum menyebabkan terbukanya aurat, tidak boleh. Adapun berkaitan dengan hari perayaan kelahiran dsb, maka kaum muslimin hanya ada dua hari besar, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha. Selain itu, kita mengingatnya hanya untuk meneliti perhitungan-perhitungan kita dan meninjau kembali sikap-sikap kita, serta memperbarui tekad kita menuju arah kebaikan, keutamaan dan kebahagiaan. Jika tujuannya ini maka tidak menjadi masalah. Jika tujuannya lain dari yang diatas, maka tidak diperkenankan. Memulas kuku jari-jari tangan menghalangi masuknya air wudhu ke bawah/ke permukaan kuku sehingga shalatnya tidak sah karena wudhunya tidak benar. Wallahu ‘alam. Untukmu saya kirimkan doa yang murni.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: