Zainab Al-Ghazali menjawab : “PROBLEMATIKA MUDA-MUDI” : 5. Haramkah Hobi Menggambar?

Pertanyaan

Saya mempunyai hobi menggambar. Apa yang memenuhi pikiran saya adalah apakah menggambar itu halal atu haram? Padahal, seperti diketahui, saya menggambar gambar-gambar yang dapat bergerak, menggambar untuk anak-anak kecil beberapa kupu-kupu dalam bentuk perempuan cantik atau pengantin laut. Tujuan hobi ini adalah untuk memupuk keahlian dan menyenangkan pikiran saya karena menggambar membantu saya meringankan tekanan saraf.

Jawaban

Alangkah baiknya seseorang yang memiliki hobi yang bermanfaat lagi indah, seperti hobi menggambar yang dapat dia nikmati, demikian pula orang lain. Yang diharamkan adalah meng-gambar orang yang tanpa pakaian. Gambar yang bergerak-gerak sehingga anak-anak kecil terhibur tidak jadi masalah. Merupakan hal yang utama jika seorang muslim sukses dalam mengeksploitasi hobinya untuk menjunjung prinsip, pikiran dan akidahnya. Bukanlah suatu perbuatan dosa jika kita menggambar tumbuh-tumbuhan, binatang, atau benda-benda padat. Pada mulanya Islam bersikap keras terhadap masalah gambar-gambar atau menggambar patung-patung dan berhala. Karena, umat Islam baru saja meninggalkan patung-patung itu. Jika gambar makhluk-makhluk hidup itu tidak menonjol (tidak dapat diraba dengan tangan) tidak apa-apa.

One Response

  1. Wah makasihh infonya!
    sangat berguna buat saya yang dari dulu khawatir dengan hobi saya…
    Malah saya pernah berhenti menggambar selama 3 bulan karena bingung akan perihal ini walaupun akhirnya saya kembali lagi menggambar…

    thx!

Leave a Reply

