Zainab Al-Ghazali menjawab : “PROBLEMATIKA MUDA-MUDI” : 2. Generasi ini, Sedikit kesabarannya

Pertanyaan

Saya seorang gadis yang telah mendekati umur 20 tahun dan berpegang teguh pada agama, alhamdulillah. Tetapi saya mengalami permasalahan yang hampir-hampir memeras hati saya jika tidak karena adanya keimanan saya kepada Allah Ta’ala.

Permasalahan pertama adalah keadaan saya yang berasal dari banyaknya kegelisahan sehingga tensi darah saya naik dengan cepat, badan sering gemetaran, demikian pula kedua tangan saya. Saya hanya sedikit dapat berkonsentrasi dan sukar berbicara, terutama sekali di depan laki-laki. Permasalahan kedua, saya mengalami jiwa yang terombang-ambing dan tidak tenang. Saya ingin menjadi orang yang tenang, tetapi tidak bisa. Bagaimana pemecahan yang tepat ?

Jawaban

Saya berdoa kepada Allah Ta’ala agar Dia menguatkan keimananmu dan menolongmu mengatasi segala permasalahan yang menurut pendapat saya pemecahannya mudah saja. Hanya saja, engkau terlalu tidak sabar, cepat mengeluh, cepat lelah, cepat frustasi dan berputus asa hanya karena sebab yang sederhana. Memang benar, permasalahanmu banyak, lebih dari sekadar keadaan ketegangan, pergolakan jiwa, serta kegelisahan syaraf dalam jiwa anak-anak muda dewasa ini. Namun, batas minimal dari kesabaran dan upaya menahan diri hingga mampu menghadapi tekanan-tekanan, kesukaran-kesukaran. Permasalahan pertama bersumber dari kurangnya rasa percaya pada dirimu dan selalu ketakutan tidak memperoleh taufik dalam bicara atau bertindak. Pemecahan untuk itu adalah engkau dianjurkan untuk percaya pada diri sendiri, berusaha lebih banyak mendengar dahulu daripada bicara, serta memiliki pemikiran yang lebih banyak dahulu sebelum bereaksi cepat dan terburu-buru. Permasalahan kedua berkaitan dengan yang pertama. Hal gelisah, tegang, tidak ada keseimbangan, cepat marah dan terlalu reaktif merupakan sebagian dari sekian banyak pertanda usia pubertas.

Leave a Reply

