Berda’wah dengan apa yang kita bisa

Born to be mujahid. Kata itu pernah saya dengar entah kapan waktunya. Tetapi, dari slogan nahnu du’at qabla kulli syai’ atau hayatuna kulluha ibadah; kami adalah da’I sebelum yang lainnya, dan hidup kami adalah untuk ibadah, kita memahami bahwa kita memang lahir untuk berjihad. Berjihad sejak sperma terbaik mengalahkan ribuan sperma lainnya ketika membuahi ovum dan jadilah diri kita.

Kita lahir dengan daya tahan yang luar biasa besar. Dari janin yang amat lemah, ternyata dengan pemeliharaan Allah bisa berkembang dan survive hingga menjadi diri kita yang sekarang. Tidak pernah terbayangkan, kalau Allah tidak merawat kita sejak kita lahir, mungkin kita seperti helm yang terlepas dari pengendara motor yang ceroboh tidak mengikat talinya ketika kendaraannya melaju kencang. Terjatuh ke tengah jalan. Kurang dari semenit, sudah hancur digilas mobil.

Tidak pernahkah kita sadari, bahwa kelahiran kita adalah untuk berbuat sesuatu yang besar? Sesuatu yang dahsyat?Ssesuatu yang fenomenal? Tidak sadarkah kita bahwa kita memiliki peluang yang sama dengan orang-orang besar dunia? Seperti Rasulullah yang berjuang menegakkan Islam. Seperti Abdurrahman bin Auf yang selalu “terancam” kaya. Seperti Bilal yang menjadi Muadzin pertama. Seperti Einstein yang menemukan hukum relativitas. Seperti Bill gates yang menciptakan Microsoft. Mereka hanya manusia biasa. Tetapi mereka yakin bahwa mereka lahir untuk membuat sesuatu yang besar. Mereka yakin bahwa suatu takdir yang besar telah menunggu mereka di depan sana. There is a big destiny waiting for us out there.

Masih ingat kisah Naruto? Penulis juga tidak mengikuti dengan jelas jalan ceritanya. Tetapi, sejak awal cerita, kisah ini hidup dengan keyakinan bahwa Naruto akan menjadi Ninja yang besar. Dan, ternyata, keyakinan inilah yang menghidupkan cerita hingga penggemarnya selalu menunggu kisah selanjutnya. Ada lagi kisah dari negeri sendiri. Pada awal kemunculannya, Film Kiamat Sudah Dekat sudah mendapat tempat di hati penonton Indonesia. Kisahnya diwarnani dengan semangat dan perjuangan Andre Stinky untuk dapat menikahi Anak dari Deddy Mizwar, yang versi Sinetronnya dibintangi oleh Zaskia Adiya Mecca. Tema inilah yang menjadi tali kuat untuk menarik penonton agar menyimak terus kisah film ini dari awal hingga akhirnya. Hasilnya luar biasa. Bahkan pak SBYpun menggemari sinetron ini.

Hidup memang akan indah saat diisi dengan pemenuhan dan perjuangan mengejar takdir besar atas diri kita. Jadi ingat kata-kata salah seorang intelektual bangsa ini yaitu Ahmad Wahib (1942-1973) yang berkata: “Aku bukan Hatta, bukan Soekarno, bukan Syahrir, Bukan Natsir, bukan Marx, dan bukan pula yang lain-lain. Bahkan.. aku bukan Wahib, Aku adalah me-Wahib. Aku terus mencari dan terus-menerus mencari, menuju, dan menjadi Wahib. Ya, aku dalah meng-aku, yang terus-menerus berproses menjadi aku. Aku adalah aku pada saat sakaratul maut.”

Beruntung kita sudah mengenal Islam sejak dini. Maka sudah mengiang-ngiang dalam diri kita bahwa kita akan menjadi salah satu mujahid terbesar abad ini. Menjadi seperti Hasan Al-Banna, Menjadi seperti Asy-Syahid Yahya Ayyash, Menjadi ulama sekaliber Yusuf Al-Qaradhawi, Menjadi Pemimpin seberani Ahmadinejad, Menjadi ulama sesahaja Aidh Al-Qarni, Menjadi dirimu yang terhebat yang pernah ada.

Apakah itu mungkin? MUNGKIN. Karena semua bermula dari mimpi dan langkah-langkah kecil perjuangan. Akhirnya hasil akan dipetik, walau nisan kita mungkin tidak sama nasibnya dengan orang besar lainnya, tetapi umat akan mengenang amal kita dan surga telah menanti kita di sana.

Jadilah orang besar. Dimulai dengan berda’wah dengan apa yang kita bisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: