One Step Ahead

Sekarang lagi liburan kuliah. Enaknya ngapain ya? Banyak pilihan sih. Tapi orientasi selalu gak lepas dari proses memperbaiki diri. Nah, terkait dengan orientasi itu saya emang seneng membuat proyek-proyek pribadi. Karena latar belakang dari Elektro Teknik dan gemar berda’wah, ada ide untuk membuat sms gateway untuk keperluan tausiyah antar sesama Muslim. Idenya cukup simple. Saya ingin bisa mengirim sms tausiyah setiap minggu ke orang yang kita kenal secara rutin. BIsa kata-kata penyemangat, selamat milad, atau pengumuman mengenai kegiatan da’wah. Hal pertama yang kepikiran adalah menginstal software sms gateway yang nanti dioperasikan di laptop. Yang kedua adalah menghubungkan Handphone dan laptop menggunakan data cable. Tentu Hp yang digunakan adalah Hp yang support dengan kabel data. Logikanya dengan dua alat itu sudah bisa mencukupi sih. Gak tahu gimana nanti kalo udah kesampaian. Soalnya Hp yang kumiliki ada dua buah. satu merknya Samsung tipeSGH C210 dan yang satulagi Nokia tipe lama 3315. Samsungku gak support untuk data kabel. Nah.. yang nokia support!

Akhirnya aku melancong ke BEC di daerah jl. Purnawarman Bandung untuk mencari data kabelnya. Wuih.. diluar dugaan. ternyata kabel data untuk Hp Nokia tipe 3315 memang sudah gak dijual lagi karena termasuk produk lama. Hampir semua toko didatengin, tetep gak dapat yang kumau. Jadi bingung. kemana dapet data kabel itu… O, iya dulu pernah ingat kalo Nanda, adik saya, pernah punya. Setelah ditanya katanya ada di temannya, Iqbal. Lalu kutelepon Iqbal menanyaka nkeberadaan kabel data itu. Wah, perjuangan ternyata belum selesai. Iqbal sudah lama kehilangan kabel data itu….. Tapi beliau akan berusaha mencarikannyadalam 4hari ke depan. Wah… makasih ya Bal, sudah banyak membantu. Ditunggu kabar Kabel datanya.. semoga dapet.

Proyek sms gateway ini terhenti sampai disini. Yah.. setidaknya sampai Iqbal menemukan kabel data buat Hp 3315 ku. Hari-hari liburanku masih terbentang panjang sampai Seminggu ke depan. Proyek apa lagi yang bisa aku lakukan yah? Paling bosen kalo hari diisi dengan tidur, tidur, dan tidur. Oh, keinget dengan Blog Media ITSAR yang udah lama gak diurus. Kebetulan juga aku lagi semangat mempelajari HTML, CSS dan Web Design. Kebetulan yang subhanalllah! Akhrnya aku seharian mangkal di himpunan, bahkan kadang-kadang semaleman buat ngoprek kode-kode css dan html situ Media ITSAR. Ah, Subhanallah… ternyata dari situs-situs lain yash mendapatkan banyak ilmu mengenai tips-tips mengoprek kode-kode html di Blogspot. Terutama yash sangat berterima kasih buat Kang Rohman di blognya yang dengan gamblang, lengkap dan tidak bertele-tele menjelaskan dengan luar biasa memperbagus tampilan dan kepraktisan sebuah blog. Luar biasa. Yash sekarang bisa sedikit terbiasa dengan deretan kode-kode pemrograman. Benar kata mamah, kalau kita tekun, hal yang sulit lama-kelamaan akan terlihat mudah. Makasih Mamah, makasih Kang Rohman. Untuk yang belum tahu blognya Kang Rohman bisa klik di sini

Semoga masih bisa istiqomah menjalankan dua proyek di atas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: